Skip to main content

Bagaimana Cara Membuat Voucher di TikTok Shop?

Bagaimana Cara Membuat Voucher di TikTok Shop?

Penggunaan media sosial semakin meluas dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan generasi muda. Salah satu platform media sosial yang saat ini sangat populer adalah TikTok. TikTok tidak hanya digunakan untuk berbagi video singkat kreatif, tetapi juga telah meluncurkan fitur baru yang menarik, yaitu TikTok Shop. Dalam TikTok Shop, Anda dapat menjual produk Anda dan bahkan membuat voucher untuk menarik pelanggan.

 Bagaimana cara membuat voucher di TikTok Shop? Artikel ini akan membahas langkah-langkahnya secara rinci.

1. Mengakses TikTok Shop

Langkah pertama untuk membuat voucher di TikTok Shop adalah mengakses TikTok Shop itu sendiri. Pastikan Anda telah membuat akun TikTok yang terkait dengan bisnis atau produk Anda. Setelah itu, masuk ke akun TikTok Anda dan ketuk ikon "Profil" di bagian kanan bawah layar. Kemudian, ketuk ikon tiga titik di bagian kanan atas layar dan pilih "TikTok Shop" dari menu yang muncul.

2. Mengatur Toko Anda

Setelah masuk ke TikTok Shop, langkah selanjutnya adalah mengatur toko Anda. TikTok akan meminta Anda untuk mengisi informasi bisnis Anda, seperti nama toko, kategori produk, deskripsi singkat, dan logo toko. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan menarik agar pelanggan tertarik untuk melihat produk Anda.

3. Mengelola Produk Anda

Setelah mengatur toko Anda, saatnya mengelola produk yang ingin Anda jual. Ketuk ikon "Produk" di bagian bawah layar dan kemudian pilih "Tambah Produk" untuk menambahkan produk baru. Anda akan diminta untuk mengisi informasi produk, termasuk gambar produk, judul, deskripsi, harga, varian (jika ada), dan jumlah stok yang tersedia. Pastikan gambar produk Anda berkualitas tinggi dan deskripsi produk menjelaskan dengan jelas keunggulan dan manfaatnya.

4. Membuat Voucher

Sekarang, mari kita fokus pada langkah-langkah untuk membuat voucher di TikTok Shop. TikTok menyediakan opsi untuk membuat dua jenis voucher, yaitu voucher diskon dan voucher gratis ongkir. Anda dapat memilih jenis voucher yang ingin Anda berikan kepada pelanggan.

  • - Membuat Voucher Diskon:

Untuk membuat voucher diskon, ketuk ikon "Voucher Diskon" di bagian bawah layar. Pilih produk yang ingin Anda berikan voucher diskonnya dan tentukan persentase diskon yang ingin Anda berikan. Misalnya, Anda dapat memberikan diskon 10% atau 20% untuk produk tertentu. Atur juga batas waktu voucher, misalnya satu minggu atau sebulan, dan jumlah maksimal penggunaan voucher.

  • - Membuat Voucher Gratis Ongkir:

Jika Anda ingin memberikan voucher gratis ongkir, ketuk ikon "Voucher Gratis Ongkir" di bagian bawah layar. Pilih produk yang ingin Anda berikan voucher gratis ongkirnya. Anda juga dapat mengatur batas waktu dan jumlah maksimal penggunaan voucher ini.

Setelah Anda mengatur semua detail voucher, tekan tombol "Simpan" untuk menyimpan perubahan.

5. Mempromosikan Voucher Anda

Sekarang, setelah Anda berhasil membuat voucher di TikTok Shop, saatnya mempromosikannya agar pelanggan tahu dan tertarik. Anda dapat memanfaatkan fitur TikTok untuk mempromosikan produk dan voucher Anda.

  • - Buat video promosi: Buat video singkat dan menarik yang memperkenalkan produk Anda dan voucher yang tersedia. Gunakan musik yang populer atau tantangan yang sedang viral untuk menarik perhatian pengguna TikTok.
  • - Kolaborasi dengan pengguna lain: Anda juga dapat mencari pengguna TikTok lain yang memiliki basis pengikut yang besar dan relevan dengan produk Anda. Ajak mereka untuk berkolaborasi dalam membuat video promosi yang mencantumkan voucher Anda.
  • - Gunakan hashtag relevan: Manfaatkan hashtag relevan untuk memperluas jangkauan video promosi Anda. Gunakan hashtag yang berkaitan dengan produk Anda atau voucher yang Anda tawarkan.
  • - Bagikan di media sosial lain: Selain TikTok, bagikan juga promosi dan voucher Anda di platform media sosial lain seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Ini dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

6. Pantau dan Evaluasi Kinerja Voucher

Setelah voucher Anda aktif, penting untuk memantau dan mengevaluasi kinerjanya. TikTok Shop menyediakan analitik yang dapat Anda gunakan untuk melihat seberapa efektif voucher Anda dalam menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Perhatikan metrik seperti jumlah penggunaan voucher, peningkatan penjualan, dan umpan balik pelanggan.

Jika voucher tidak memberikan hasil yang diharapkan, Anda dapat mencoba strategi lain seperti mengubah persentase diskon, menyesuaikan batas waktu, atau menargetkan pengguna TikTok yang lebih spesifik.

Dalam era digital yang semakin maju, memanfaatkan platform media sosial seperti TikTok untuk mempromosikan bisnis Anda sangat penting. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat voucher di TikTok Shop dan meningkatkan keberhasilan bisnis online Anda. Tetaplah kreatif, responsif terhadap pelanggan, dan terus pantau kinerja Anda untuk mencapai hasil yang optimal. Selamat mencoba!

Write comment
Hide comment

Tidak ada komentar