Skip to main content

Cara Mematikan Pembaruan Windows 11 di Laptop

Cara Mematikan Pembaruan Windows 11 di Laptop

Apakah Anda sering merasa terganggu dengan pembaruan otomatis yang dilakukan oleh sistem operasi Windows 11 di laptop Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna laptop mengalami masalah ini dan ingin menonaktifkan pembaruan otomatis untuk memiliki kontrol yang lebih besar atas kapan dan bagaimana pembaruan dilakukan.

Pembaruan sistem operasi adalah hal penting untuk menjaga keamanan dan kinerja laptop Anda tetap optimal. Namun, dalam beberapa kasus, pengguna ingin menunda pembaruan atau memilih untuk menginstalnya secara manual. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara mematikan pembaruan Windows 11 di laptop Anda.

Sebelum kita mulai, perlu diingat bahwa menonaktifkan pembaruan Windows 11 bukanlah tindakan yang disarankan secara umum. Dengan mematikan pembaruan, Anda mungkin mengorbankan keamanan dan stabilitas sistem operasi Anda. Pastikan Anda memahami risiko yang terkait dengan menonaktifkan pembaruan dan hanya melakukannya jika Anda benar-benar memahami konsekuensinya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mematikan pembaruan Windows 11 di laptop:

1. Menggunakan Pengaturan Windows:

Langkah pertama adalah membuka Pengaturan Windows. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon "Start" di pojok kiri bawah layar dan memilih opsi "Pengaturan" atau dengan menekan tombol "Windows + I" secara bersamaan.

Setelah Pengaturan terbuka, cari dan klik opsi "Pembaruan & Keamanan". Di dalam menu Pembaruan & Keamanan, pilih tab "Windows Update" di panel sebelah kiri.

Di tab Windows Update, Anda akan melihat opsi "Pilihan lanjutan". Klik opsi ini untuk membuka pengaturan pembaruan lanjutan.

Di pengaturan lanjutan, Anda akan melihat opsi "Otomatis (Direkomendasikan)". Klik opsi ini dan ubah menjadi "Kirimkan pembaruan lebih lambat".

Dengan mengubah pengaturan ini, Windows akan lebih lambat mengirimkan pembaruan ke laptop Anda. Namun, penting untuk dicatat bahwa ini hanya akan menunda pembaruan, bukan mematikannya sepenuhnya. Pembaruan tetap akan diinstal pada akhirnya.

2. Menggunakan Editor Grup Kebijakan:

Metode kedua melibatkan penggunaan Editor Grup Kebijakan, yang memungkinkan Anda mengontrol berbagai pengaturan Windows. Editor Grup Kebijakan biasanya tersedia dalam versi Windows 11 Pro atau yang lebih tinggi.

Untuk membuka Editor Grup Kebijakan, tekan tombol "Windows + R" secara bersamaan untuk membuka jendela "Run". Ketik "gpedit.msc" (tanpa tanda kutip) di kotak teks Run dan tekan Enter.

Setelah Editor Grup Kebijakan terbuka, navigasikan ke "Komputer Lokal" -> "Konfigurasi Komputer" -> "Pengaturan Windows" -> "Pengaturan Pembaruan".

Di panel sebelah kanan, cari dan klik dua kali opsi "Konfigurasi Otomatis". Di jendela pengaturan yang terbuka, pilih opsi "Nonaktifkan" dan klik "Terapkan" di bagian bawah.

Dengan mengatur opsi ini menjadi "Nonaktifkan", Anda akan mematikan pembaruan Windows 11 di laptop Anda. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya tersedia dalam versi Windows 11 Pro atau yang lebih tinggi.

3. Menggunakan Koneksi Tidak Terbatas:

Metode ketiga melibatkan memanfaatkan pengaturan "Koneksi Tidak Terbatas" pada laptop Anda. Dengan mengaktifkan opsi ini, Windows akan menganggap bahwa laptop Anda terhubung ke jaringan internet yang terbatas, dan pembaruan tidak akan diunduh secara otomatis.

Untuk mengaktifkan Koneksi Tidak Terbatas, buka Pengaturan Windows dan pilih opsi "Jaringan & Internet". Di menu Jaringan & Internet, pilih opsi "Status" di panel sebelah kiri.

Di panel Status, Anda akan melihat opsi "Ubah Koneksi Jaringan". Klik opsi ini untuk melihat daftar koneksi yang tersedia.

Pilih koneksi yang saat ini sedang Anda gunakan (misalnya, Wi-Fi atau Ethernet) dan klik opsi "Ubah" yang terkait.

Di jendela pengaturan koneksi yang terbuka, aktifkan opsi "Koneksi Tidak Terbatas".

Dengan mengaktifkan Koneksi Tidak Terbatas, Windows tidak akan mengunduh pembaruan secara otomatis saat terhubung ke koneksi yang Anda pilih. Namun, perlu diingat untuk memperbarui laptop Anda secara manual saat Anda terhubung ke jaringan internet yang tidak terbatas.

Kesimpulan:

Mematikan pembaruan Windows 11 di laptop mungkin merupakan pilihan yang Anda pertimbangkan jika Anda ingin lebih memiliki kendali atas kapan dan bagaimana pembaruan dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa menonaktifkan pembaruan berisiko dan dapat mengorbankan keamanan dan stabilitas sistem operasi Anda.

Sebagai gantinya, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengatur pembaruan otomatis dengan mengunduh dan menginstal pembaruan saat Anda sedang tidak menggunakan laptop. Anda juga dapat mengoptimalkan pengaturan pembaruan Windows 11 untuk memastikan pembaruan terjadi dengan lancar dan tidak mengganggu pekerjaan Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mematikan pembaruan, pastikan untuk secara rutin memeriksa dan menginstal pembaruan secara manual untuk menjaga keamanan dan kinerja laptop Anda tetap optimal.

Artikel ini diharapkan memberikan informasi dan panduan tentang cara mematikan pembaruan Windows 11 di laptop. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang pembaruan sistem operasi, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan sumber yang terpercaya atau mengacu pada dokumentasi resmi Windows 11.

Sumber:

- [https://support.microsoft.com/id-id/windows/memperbarui-windows-10-3b1537a8-56e4-7e1a-bb72-72ce85a6aae8](https://support.microsoft.com/id-id/windows/memperbarui-windows-10-3b1537a8-56e4-7e1a-bb72-72ce85a6aae8)

- [https://www.windowscentral.com/how-stop-updates-installing-automatically-windows-11](https://www.windowscentral.com/how-stop-updates-installing-automatically-windows-11)

Write comment
Hide comment

Tidak ada komentar