Skip to main content

7 Panduan Mengubah Video di CapCut: Format Landscape atau Potrait

Cara Mengubah Video Landscape atau Potrait di CapCut

Apakah Anda sering merekam video menggunakan ponsel cerdas Anda? Jika ya, mungkin Anda pernah mengalami situasi di mana video yang Anda rekam tidak sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, Anda merekam video dalam format potret (vertikal) ketika seharusnya format landscape (horizontal), atau sebaliknya. Tidak perlu khawatir, karena di era digital saat ini, ada banyak alat dan aplikasi yang dapat membantu Anda mengubah format video sesuai keinginan Anda. Salah satu aplikasi yang populer dan mudah digunakan adalah CapCut. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengubah video landscape atau potrait menggunakan CapCut.

CapCut adalah aplikasi pengeditan video yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Dengan CapCut, Anda dapat melakukan berbagai macam pengeditan video, termasuk mengubah format video dari landscape ke potrait, atau sebaliknya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah format video menggunakan CapCut:

Langkah 1: Unduh dan Instal CapCut

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi CapCut di perangkat Anda. CapCut tersedia secara gratis di Google Play Store (untuk perangkat Android) dan App Store (untuk perangkat iOS). Cari "CapCut" di toko aplikasi, lalu unduh dan instal aplikasi tersebut.

Langkah 2: Buka CapCut dan Impor Video

Setelah menginstal CapCut, buka aplikasi tersebut. Anda akan disambut dengan antarmuka pengeditan video. Ketuk tombol "+" di tengah layar untuk mengimpor video yang ingin Anda ubah formatnya. Pilih video dari galeri perangkat Anda dan tunggu hingga video terimpor ke dalam CapCut.

Langkah 3: Ubah Format Video

Setelah video terimpor, Anda dapat memulai proses pengubahan format video. Ketuk ikon "Pemotongan dan Penyuntingan" di bagian bawah layar. Anda akan melihat berbagai alat pengeditan video yang tersedia.

Langkah 4: Pilih Format Video yang Diinginkan

Untuk mengubah format video dari landscape ke potrait atau sebaliknya, ketuk ikon "Pengaturan Layar" di bawah bagian "Pemotongan dan Penyuntingan". Di sini, Anda akan menemukan opsi "Potrait" dan "Landscape". Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengubah video potrait menjadi landscape, pilih opsi "Landscape".

Langkah 5: Atur Komposisi Video

Setelah memilih format yang diinginkan, Anda dapat mengatur komposisi video sesuai keinginan. CapCut memberikan fitur untuk memperbesar atau memperkecil video, serta menggeser posisi video di layar. Anda dapat menyesuaikan komposisi video dengan menyeret dan mengubah ukuran video menggunakan tombol penggeser atau dengan menggeser video secara manual di layar.

Langkah 6: Pratinjau dan Simpan Video

Setelah melakukan pengaturan komposisi video, Anda dapat melihat pratinjau hasilnya dengan menekan tombol pratinjau di bagian atas layar. Jika Anda puas dengan hasilnya, tekan tombol centang untuk menyimpan video yang sudah diubah formatnya.

Langkah 7: Ekspor Video

Terakhir, ketuk tombol "Ekspor" di bagian atas layar untuk menghasilkan video dengan format yang baru. Anda dapat memilih resolusi video dan kualitas ekspor sebelum memulai proses ekspor. Tunggu beberapa saat hingga proses ekspor selesai, dan video siap untuk dibagikan atau digunakan sesuai kebutuhan Anda.

Itulah cara mengubah video landscape atau potrait menggunakan aplikasi CapCut. Dengan langkah-langkah sederhana di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah format video sesuai keinginan Anda. CapCut juga menyediakan berbagai alat pengeditan lainnya yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas video Anda, seperti efek visual, musik latar, teks, dan masih banyak lagi. Selain itu, CapCut juga memungkinkan Anda untuk memotong, menggabungkan, dan mengedit video lainnya.

Penting untuk diingat bahwa saat mengubah format video dari landscape ke potrait atau sebaliknya, ada kemungkinan bahwa sebagian dari video asli akan terpotong atau tidak terlihat dalam tampilan akhir. Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikan komposisi video dengan hati-hati agar video tetap terlihat baik dan tidak kehilangan informasi yang penting.

Dengan adanya CapCut, Anda tidak perlu khawatir lagi jika Anda salah merekam video dalam format yang tidak diinginkan. Anda dapat dengan mudah mengubah format video menggunakan aplikasi ini, dan menghasilkan video yang sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, mulailah eksplorasi dan pengeditan video Anda dengan CapCut sekarang juga, dan buat video yang menarik dan berkualitas tinggi.

Terakhir, jangan lupa untuk membagikan video yang telah Anda edit menggunakan CapCut ke platform media sosial atau saluran online Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi Anda pemahaman yang jelas tentang cara mengubah format video menggunakan CapCut. Selamat mengedit dan eksplorasi kreativitas Anda dalam menghasilkan video yang menakjubkan!

Write comment
Hide comment

Tidak ada komentar